by acls us
English Indonesian

“ Seorang anak muda bertanya pada suatu forum: Bagaimanakah melakukan ekspor ? "

Ekspor adalah kegiatan untuk mengeluarkan barang keluar dari daerah pabean. Istilah sederhana ekspor adalah kegiatan mengirimkan barang ke luar negeri.  Jenis barang yang diekspor bermacam-macam, seperti : kopi, tekstil, kerajinan tangan, furniture, makanan ringan, rempah-rempah, batu bara, CPO dan lain sebagainya.


Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana saya dapat melakukan ekspor barang ? 

Berikut ini adalah 10 langkah yang perlu dilakukan agar dapat melakukan ekspor, yaitu :

  • Langkah 1 : Melakukan perencanaan ekspor
  • Langkah 2 : Melakukan registrasi ekspor ke instasi terkait
  • Langkah 3 : Menentukan klasifikasi barang (HS Code)
  • Langkah 4 : Memenuhi ketentuan tentang persyaratan barang larangan dan pembatasan (lartas)
  • Langkah 5 : Merencanakan pengiriman barang
  • Langkah 6 : Membuat pemberitahuan pabean ekspor (PEB)
  • Langkah 7 : Membayar bea-bea keluar (jika ada)
  • Langkah 8 : Mengurus pemasukan barang ke kawasan pabean (pelabuhan muat)
  • Langkah 9 : Melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dalam kontrak
  • Langkah 10 : Mencairkan dan mendapatkan pembayaran dengan proses ke bank


Titik kritis dalam melakukan ekspor barang adalah di langkah 1, langkah 2, langkah 3, dan langkah 4. Titik kritis ini harus benar-benar diperhatikan agar supaya proses ekspor tidak mendapatkan kendala. Misalnya, ekspor kopi maka persyaratan yang harus dipenuhi adalah mengurus perizinan eksportir terdaftar kopi (ET-Kopi).

Pada langkah 5, langkah 6 dan langkah 8 adalah proses penunjukan terhadap siapakah yang akan ditunjuk dalam pengiriman barang (freight forwarder).  Pilihlah freight forwarder yang terdaftar di asosiasi terkait (baca: GAFEKSI/ALFI) yang lebih terpercaya, terampil dan handal.

Langkah 7 adalah membayar bea keluar jika produk atau komiditi yang diekspor tersebut adalah terkena peraturan wajib bayar bea keluar, seperti: CPO, rotan, kulit, produk pertambangan, dan lain-lain.

Langkah 9 adalah kegiatan yang dilakukan setelah  barang sudah terkirim. Dokumen yang dipersyaratkan seperti : Packing list, Invoice, SKA (Surat Keterangan Asal barang), Bill of Lading dan lainnya sesuai dengan perjanjian yang disepakati dengan pembeli pada saat tanda tangan perjanjian penjualan.

Langkah 10 adalah kegiatan berurusan dengan bank dalam rangka mendapatkan pembayaran atas hasil ekspor. Bank akan memproses dokumen-dokumen yang diberikan oleh si eksportir, tergantung dari cara pembayaran yang disepakati pada saat  negoisasi dengan pembeli  apakah LC (Letter Credit) atau Non-LC.

Demikianlah 10 langkah dalam melakukan kegiatan ekspor, kiranya dapat bermanfaat. (Antoni Tampubolon)*

* Praktisi  logistik dan Pengajar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) dan INFA INSTITUTE.

  • Hot news
  • Most Popular

Aplikasi Incoterms bagi Marketing Freight Forwarding ...

“Seorang marketing freight forwarding XYZ mendapatkan permintan harga pengiriman barang dari ...

Read details

10 Langkah Impor Barang

Seorang calon importir A bertanya pada suatu forum : “Bagaimana saya mengimpor barang mesin dari ...

Read details

Impor Itu Mudah ?

Impor adalah kegiatan memasukkan barangke dalam daerah pabean. Pada umumnya, masyarakat menilai ...

Read details

10  Langkah Ekspor Barang

“ Seorang anak muda bertanya pada suatu forum: Bagaimanakah melakukan ekspor ? "Ekspor adalah ...

Read details

Biaya FOB Jakarta

" Seorang calon eksportir Mr. Jonathan bertanya disuatu forum : berapa estimasi biaya pengurusan ...

Read details

10 Permasalahan Tentang Bill Of Lading

Bill of lading adalah dokumen yang diterbitkan oleh pengangkut (carrier) dan atau freight ...

Read details

Galery

SUI Logistics

  • Jl. Pam Lama No. 20 C
    Kel. Bendungan Hilir
    Kec. Tanah Abang
    Jakarta Pusat - 10210
  • (+62-21) 573 2628
    (+62-21) 570 3401
  • Customer Service : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Marketing : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Operasional : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tentang Perusahaan

PT. Sahabat Utama Indonesia dengan merek SUI Logistics adalah salah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang jasa pengurusan transportasi (freight forwarding) yang berdiri sejak tahun 2005. SUI logistics terus mengalami pertumbuhan bisnis dengan membuka cabang di Medan, Sumatera Utara pada tahun 2012.

Exclusive Email Offers

Get exclusive Millennium & Copthorne offers delivered right to your inbox

Scroll to top